Serba-Serbi Search Engine

TIPS SEBELUM MEMBELI PC TABLET



TIPS SEBELUM MEMBELI PC TABLET tablet tidak ditujukan memenuhi kebutuhan berkomputansi yang anda butuhkan seperti sekarang (tablet bukan pengganti dari komputer PC atau smartphone), tablet adalah perangkat media layar sentuh yang sebenarnya lebih mirip dengan media player atau MP3 portable dengan layar lebih besar dan teknologi lebih maju. Benar, banyak dari produk-produk tablet memiliki fitur layanan mobile, namun saat ini tidak satupun dari produk itu menyediakan fitur panggilan telepon melalui operator seluler tradisional. Saat memanfatkan tablet untuk membantu pekerjaan, Anda tidak akan mendapatkan nilai/kemampuan seperti yang anda rasakan pada sistem operasi desktop, seperti yang Anda temukan pada PC. Tablet pada dasarnya adalah versi ringan dari laptop dalam artian menyeluruh (baik dari segi berat, ataupun fitur yang disediakan). Keuntungan lebih yang mereka tawarkan daripada laptop adalah lebih mudah untuk memeriksa e-mail, menelusuri Web, memutar media, dan bermain game–seperti smartphone. Dengan tablet, Anda juga mendapatkan layar lebih besar dengan rasa yang berbeda. Intinya adalah, Anda mungkin tidak memerlukannya, tetapi jika Anda tetap ingin membeli tablet, silahkan baca terus berikutnya.



Sistem Operasi
Pertama, seperti dengan komputer, Anda harus memilih teman hidup (OS) tablet Anda. IOS Apple adalah platform selular yang digunakan oleh iPad, seperti yang digunakan di iPhone dan iPod touch. Saat ini, Anda mungkin sudah akrab dengan IOS walaupun Anda tidak memiliki iPhone, system operasi ini sudah bisa dilihat di mana-mana seperti di televisi dan film. Pada iPad dan iPad 2, IOS berguna dan berfungsi mirip dengan iPhone, dengan tweak/modifikasi tertentu disesuaikan dengan layar lebih besar berukuran 9,7-inci. Misalnya, aplikasi Built-in iPod yang dijalankan di iPad, memiliki menu tambahan untuk pilihan navigasi tambahan yang tidak akan muat pada layar 3,5 inci. Secara umum, kekuatan besar IOS Apple ada dua: pertama, sangat mudah digunakan; kedua, banyaknya pilihan aplikasi yang disediakan untuk iPad (lebih dari 65.000aplikasi spesifik pada saat tulisan ini ditulis) yang bisa di-download dengan mudah dan cepat dan berfungsi dengan baik, tentunya dengan beberapa catatan kecil.

OS mobile produksi Google, Android, memiliki cerita yang berbeda. Ada beberapa versi dari Android, tetapi hanya satu (Android 3.0, alias Honeycomb) yang dirancang khusus untuk tablet. Saat ini, hanya satu tablet menggunakan Honeycomb Acer Iconia Tab A500 membuatnya paling layak disebut sebagai pesaing iPad, untuk saat ini. Kelebihan Android 3.0 adalah fitur-fitur yang semakin ditingkatkan, kemampuan multitasking bar lebih baik daripada IOS, serta unggul notifikasi e-mail. Sayangnya, kedua kekuatan tersebut, meskipun bermanfaat, tidak cukup kuat untuk menggulingkan IOS Apple ketika Anda melihat dari sisi yang lain (atau secara keseluruhan). Tampilan layar Honeycomb, misalnya, dengan mudah berantakan karena ada begitu banyak cara pengaturannya, dibandingkan pengaturan folder seperti yang ditawarkan IOS, IOS tentu lebih baik. Tablet pilihan Anda akan sangat tergantung pada preferensi pribadi Anda, jadi usahakan Anda mencoba barangnya sebelum membeli.


Aplikasi
Android tidak memiliki pilihan banyak dari segi aplikasi. Bahkan dengan dibukanya toko aplikasi Amazon yang baru saja diumumkan, jumlah aplikasi yang berjalan di tablet dengan OS Honeycomb masih tetap rendah. Kita bisa berdebat pada bagian ini, tetapi intinya sederhana: jika Anda ingin butuh pilihan aplikasi lebih banyak untuk tablet Anda, untuk saat ini, tidak ada yang mengalahkan ketersediaan aplikasi untuk iPad. Apple App Store diatur dengan baik dan menawarkan pilihan banyak. Tidak ada pesaing yang bisa mengalahkan kelebihan yang dimiliki toko aplikasi Apple ini. Sebab aplikasi yang dibuat untuk tablet Android harus bekerja di beberapa ukuran layar, sedangkan aplikasi iPad dirancang khusus untuk ukuran satu perangkat. Kedengarannya sederhana, namun variasi dalam ukuran (dan produsen) memperumit segalanya. Mari kita lihat mana yang akan BlackBerry PlayBook pilih (Andorid atau IOS?). Akhirnya, satu harapan, semoga OS lain bisa menyusul satu dari sekian kelebihan Apple tersebut, tetapi jika kemudahan mendapat aplikasi bagus adalah prioritas utama Anda, Apple saat ini adalah yang terbaik.


Desain dan Ukuran
Mempertimbangankan hal berikut agak sulit, tapi ukuran -layar dan kapasitas penyimpanan-adalah penting untuk dipikirkann. Hal pertama yang perlu diperhatikan: Bila Anda mendengar istilah “tablet 10-inch,” ini biasanya mengacu pada ukuran layar, diukur secara diagonal, dan bukan ukuran tablet itu sendiri. Apple tetap menawarkan iPad dalam satu ukuran saja (layar 9,7 inci). Motorola Xoom hadir dalam satu ukuran layar (10.1 inci), namun Samsung baru saja mengumumkan model baru Galaxy Tab akan hadir dalam beberapa ukuran (8,9-dan 10,1-inci) selain ukuran yang sudah ada (Tab 7 inci) dan tren menunjukkan tampaknya banyak perusahaan menilai: lebih besar, semakin baik. Dengan kata lain, Anda memiliki banyak pilihan, tetapi tablet kualitas yang lebih tinggi sejauh ini cenderung menggunakan layar besar karena menawarkan pengalaman sentuhan yang lebih baik. Berat tablet adalah salah satu keuntungan dibandingkan laptop- tapi harus ditekankan, tablet lebih berat 1,5 pon (seperti iPad 2) atau tidak seringan, dibandingkan dengan ponsel anda. Setelah Anda memegangnya selama sekitar sepuluh menit, tangan Anda akan mulai terasa lelah. Posisi yang datar di pangkuan Anda, bukan bersandar atau berdiri, akan membuat anda canggung.
Sedangkan untuk penyimpanan, lebih banyak tentu lebih baik. Aplikasi, musik, video, dan koleksi foto, tentunya membutuhkan banyak ruang. Saat ini penyimpanan yang disediakan mencapai 64GB memori berbasis flash, juga tersedia dalam varian 16, 32, dan 64GB. Tablet berkapasitas lebih besar bisa semahal laptop dengan fitur lengkap, terutama jika dilengkapi layanan seluler (3G).


Wi-Fi vs 3G
Sebagian besar model tablet hadir denganWi-Fi saja atau dilengkapi 3G (suatu saat kemungkinan menggunakan 4G) memanfaatkan operator layanan selular. Jika Anda ingin menggunakan tablet untuk online di mana saja, Anda harus memilih model dengan 3G. Tentu saja, ini menambah tinggi harga perangkat, dan juga Anda harus membayar untuk layanan seluler. Umumnya, meskipun, Anda dapat membeli data berbasis bulanan, dengan biaya biasanya tidak melebihi $ 20 per bulan, selama Anda dalam batas-batas penggunaan data (tidak melebihi quota).
Cara lain untuk agar tablet anda bisa online: Gunakan telepon 3G atau 4G sebagai hotspot Wi-Fi, ini tidak disediakan oleh setiap seluler, sehingga Anda harus memeriksa fiturnya sebelum Anda membeli.


Kamera & Video Chatting
Dengan rilisnya iPad 2, menunjukkan Apple terjebak dahsyatnya kompetisi tablet, ini bisa dilihat dari ditambahkannya kamera di depan dan belakang iPad 2 yang berfungsi untuk mengambil gambar tetap dan video. The Xoom memiliki kualitas kamera belakang lebih baik daripada iPad, tetapi intinya adalah: kamera pada semua tablet ini, lebih cenderung sebagai mainan daripada sebagai alat utama. Tidak ada satupun fitur tersebut ditujukan mengambil alih posisi kamera standar point-and-shot.
Dicengkokannya kamera depan berarti tablet menawarkan fitur chatting via video, tapi tidak semua aplikasi video chat diciptakan sama. Google Talk untuk Honeycomb, yang hadir di Xoom, adalah aplikasi yang bagus, mudah digunakan, dan beroperasi melalui account Google. Anda dapat chatting dengan siapa saja yang memiliki akun Google. Namun, tidak semua tablet Android diciptakan sama- jadi waspadalah terhadap tablet yang tidak memiliki akses ke Android Market. Ini patut menjadi perhatian karena setiap tablet Android yang bukan Honeycomb, seperti Streak Dell 7, tidak menjalankan OS yang khusus untuk tablet, dengan demikian, aplikasi yang digunakan memberikan pengalaman yang kurang memuaskan bagi pengguna. Disamping kemampuan kamera dan video chat kurang, Streak 7 menggunakan aplikasi untuk chatting bermutu rendah dan tidak bisa memanfaatkan Google Talk versi Honeycomb. Aplikasi Apple FaceTime juga berfungsi dengan baik, tetapi terbatas pada produk Apple tertentu, sehingga Google Talk jauh lebih fleksibel.


Harga
Seperti kebanyakan gadget lain, Anda mendapatkan apa yang Anda bayar, dan tidak terkecuali tablet. Jadi, jika Anda menghabiskan uang kurang dari $ 500 – $ 600 (yang tampaknya menjadi harga awal dari tablet model berWi-Fi- saja seperti 2 iPad dan Xoom Motorola), jangan harap mendapatkan sesuatu yang wah. Cherry CherryPal Pad adalah contoh tepat dari barang seharga $188 dengan banyak kelemahan, termasuk layar berkualitas rendah dan kurangnya fitur-fitur utama. Adapun 3G (dan 4G) tablet, harga sangat bervariasi tergantung pada produsen, kapasitas, dan rancangan, jangan lupa harga yang harus anda bayar $ 20 per bulan untuk online – harga tablet terendah iPad 2 3G $ 629 untuk 16GB.
Akhirnya, sebelum Anda membeli, usahakan, kunjungi dulu toko elektronik di tempat Anda untuk mencoba secara langsung beberapa tablet yang berbeda, sehingga Anda dapat melihat dan merasakan mana yang sesuai kebutuhan Anda.


Judul: TIPS SEBELUM MEMBELI PC TABLET
Rating: 100% out of 100% based on 100000 ratings. 100000 user reviews.
Ditulis Oleh ADMIN
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...

Artikel Terkait: