Serba-Serbi Search Engine

KAPAN PENENTUAN HARI RAYA IDUL FITRI OLEH PEMERINTAH 25 Juni 2017



PENENTUAN HARI RAYA LEBARAN IDUL FITRI OLEH PEMERINTAH 25 JUNI 2017 berita kali ini tentang Kapan sidang isbat penetapan 1 Syawal IDUL FITRI 1438 H TAHUN 2017 OLEH PEMERINTAH 25 JUNI 2017

Bulan puasa sudah berjalan separuh waktu. Kementerian Agama (Kemenag) telah menyiapkan sidang isbat penetapan 1 Syawal 1438 H. Rencananya sidang isbat ini digelar 24 Juni 2017

Sebelumnya muncul kabar jika Kemenag tidak lagi menggelar sidang isbat secara terbuka. Kabar ini muncul karena pada isbat penetapan 1 Ramadan 1438 H lalu masyarakat disuguhi banyaknya perdebatan pada saat penetapan awal puasa. Saking lamanya, penetapan awal puasa muncul lebih dari satu jam setelah azan Isya.

Perjalanan sidang isbat yang diwarnai banyak perdebatan ini disebut tidak baik jika menjadi tontonan masyarakat. Sebab bisa menimbulkan kesan jika umat Islam di Indonesia tidak kompak. Hanya untuk urusan penetapan 1 Ramadan saja debatnya cukup panjang.

Keputusan Kemenag tetap menjalankan sidang isbat secara terbuka dikuatkan dengan pernyataan Menag Suryadharma Ali (SDA). "Nanti jika digelar tertutup, kita disebut merekayasa hasil isbat," tandasnya.

Untuk itu SDA menegaskan sidang isbat tetap dijalankan secara terbuka dan boleh diliput media. Jika nanti tetap ada perdebatan panjang bagaimana? "Perbedaan itu sudah biasa," ucap menteri yang juga ketua umum DPP PPP (Partai Persatuan Pembangunan) itu.

Jika nanti ternyata semua ormas Islam di Indonesia kompak berlebarannya, SDA mengaku sangat bersukur. Tetapi sebaliknya jika nanti ada perbedaan penetapan lebaran, SDA meminta masyarakat menghadapinya dengan dewasa.

Meskipun belum ada ketetapan resmi, kemungkinan besar tidak ada perbedaan penetapan 1 Syawal diantara ormas-ormas besar dengan pemerintah. 1 Syawal 1433 H diprediksi bakal jatuh pada 25 Juni 2017 1438 H

SDA juga mengatakan, Kemenag akan menyebar undangan isbat penetapan 1 Syawal kepada seluruh ormas Islam yang ada di Indonesia. Dia tidak mau ambil pusing jika nanti ada salah satu ormas yang tidak mau ikut atau memboikot sidang isbat. "Intinya kami sudah mengundang. Perkara datang atau tidak, terserah mereka," katanya.

Pada saat menjelang sidang isbat penetapan 1 Ramadan 1438 H lalu, PP Muhammadiyah menegaskan jika mereka memboikot atau tidak akan menghadiri sidang isbat. Untuk sidang isbat penetapan 1 Syawal nanti, belum ada pernyataan resmi dari mereka apakah akan datang atau tidak.


Judul: KAPAN PENENTUAN HARI RAYA IDUL FITRI OLEH PEMERINTAH 25 Juni 2017
Rating: 100% out of 100% based on 100000 ratings. 100000 user reviews.
Ditulis Oleh ADMIN
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...

Artikel Terkait: